Cara Membuat Roti Caramel Popcorn Si Cemilan Unik Bikin Nagih

Posted on

youkitchen.co – Ada sisa roti di rumah, enaknya sih dibikin bread caramel popcorn. Lumayan nih, cemilan manis buat anak kecil yg lg mogok makan.
Bread caramel popcorn ini rasanya manis dan ada sedikit gurih dari mentega nya. Perpaduan rasanya jg bikin bahagia. Hihihi

Membuat caramel itu susah susah gampang. Kalo gak pas, caramel nya bisa cepet gosong. Nah kalo caramelnya gosong, rasanya jadi pahit dan warnanya juga jadi gak cantik. Nah aku mau kasih tau juga nih cara nya gimana supaya agar si caramel gak cepet gosong.

Untuk membuat caramel yang legit dan tidak gosong, kuncinya adalah di panas api kompornya. Untuk membuat caramel yang cantik, gunakanlah api kecil saat membuat caramel. Selain itu, hindari untuk mengaduk secara langsung caramel yang sedang dilelehkan.

Bila ingin mengaduk caramel, cukup goyang-goyangkan wajan saja. Mengaduk menggunakan pengaduk, akan membuat caramel menggumpal juga.

Yuk dicoba buat dirumah juga yaa!

Bahan-bahan

  • 2 lembar roti tawar
  • 4 sdm gula pasir
  • 3 sdm air matang
  • 5 sdm susu uht cair
  • 1 sdm butter

Cara membuat:

  1. Panaskan oven selama 10 menit di 170 derajat Celcius
  2. Potong roti bentuk dadu lalu panggang sampai garing/kering selama 15-20 menit. Lama memanggang disesuaikan dengan karakter oven masing-masing yaa.
  3. Lelehkan gula pasir di wajan teflon dengan api sedang sampai jadi caramel. Lalu masukkan air, aduk terus sampai caramel larut dalam air. Panaskan dengan api kecil. Tunggu sampai ada letupan kecil.
  4. Masukkan susu cair, aduk terus sampai kental dan meletup2. Lalu tambahkan butter, aduk lagi sampai merata dan larut.
  5. Masukkan roti kering, aduk sampai caramel merata menyeluruh ke roti keringnya.
  6. Sisihkan dan tiriskan. Pastikan caramel sudah kering lalu masukkan toples.
Baca juga: Cara Membuat Kopi Bubuk Ala Coffee Shop

Cemilannya bread caramel popcorn, minumnya kopi ala ala coffee shop. Wuidih berasa lagi nongkrong di kafe yaa.
Selamat menikmati bread caramel popcorn nya yaa..