Kumpulan Resep Masakan Olahan Udang Paling Mudah dan Enak

Posted on

youkitchen.co – Aneka Resep Masakan Olahan Udang Paling Mudah dan Enak untuk disajikan di waktu santap malam bersama keluarga. Udang banyak banget pilihan olahannya.

Hampir semua orang yang tidak memiliki alergi udang, pasti akan suka dengan olahan udang. Nah, kali ini aku mau share resep masakan olahan udang yang paling mudah dan enak.

Siapa bilang masak olahan udang itu susah? Mudah kok, enak lagi.
yuk langsung dicoba aja yaa.

1. Resep Udang Asam Manis

Resep Masakan Olahan Udang Asam Manis yang menjadi favorit semua orang. Rasanya yang segar memang bikin nagih.

Resep Masakan Olahan Udang

Bahan-bahan:

  • 1/4 kg udang
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 bawang bombai
  • 2 biji cabai merah besar
  • 8 biji cabai rawit (sy suka pedas bgt)
  • Saus tomat
  • Saori
  • Gula
  • Garam
  • Merica
  • Penyedap rasa

Cara membuat:

  1. Bersihkan kulit udang, cuci bersih.
  2. Cincang bawang putih, potong cabai rawit dan cabai merah besar. Potong miring bawang bombay.
  3. Panaskan minyak dicapur margarin secukupnya
  4. Tumis bawang bombay hingga harum. Lalu masukkan bawang putih cincang dan semua cabai.
  5. Tambahkan air sedikit atau sesuai selera agar meresap pada udang.
  6. Tambahkan saos tomat, saori, garam, gula, merica daan penyedap rasa.
  7. Masukkan udang yang telah bersih. Dan tunggu 5 menit atau terasa bumbu sudah meresap
  8. Setelah matang, matii. Udang asam manis siap dihidangkan.

2. Resep Udang Saus Padang

Selalu ga tahan liat udang segar yang dijual di pasar. Jadilah menu special Olahan Udang Saus Padang. Karena dimasak dari udang yang fresh, rasanya udah pasti nikmat. Nyumm.

Resep Masakan Olahan Udang

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg Udang
  • 1 sdm garam
  • 1 buah jeruk nipis

Bahan yang dihaluskan:

  •  6 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Minyak untuk menumis

Bahan lainnya:

  • 2 cm jahe, pipihkan
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 4 sdm saus tomat
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 buah tomat merah, potong dadu
  • 100 ml air

Cara membuat:

  1. Bersihkan udang, tambahkan garam dan luri dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit kemudian cuci bersih
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan warnanya berubah menjadi lebih gelap (gunakan api sedang saat menumis)
  3. Kemudian tambahkan jahe, daun jeruk, garam, merica, saus tomat, dan saus tiram. Aduk rata
  4. Masukkan udang, masak hingga berubah warna. Lalu tambahkan air, masak hingga kuah mengental
  5. Terakhir masukkan tomat
  6. Tunggu hingga bumbu meresap. Angkat lalu sajikan.

Baca Juga : Aneka Ide Resep Olahan Telur Modern Yang Gak Gitu Gitu Aja

3. Resep Udang Petai Balado

Membuat udang pete balado tidaklah sulit. Anda cukup melumuri udang dengan garam dan jeruk nipis agar bau amisnya hilang. Anda juga bisa menambahkan telur puyuh ataupun potongan kentang goreng. Udang yang cocok untuk digunakan membuat hidangan ini adalah udang yang berukuran sedang.

Resep Masakan Olahan Udang

Bahan-bahan:

  • udang, bersihkan – 500 gram
  • petai – 1 papan
  • jeruk nipis – 1 buah
  • lengkuas – 1 ruas
  • daun jeruk sobek-sobek – 1 lembar
  • garam – 1/2 sdt
  • gula pasir – 1 sdt

Bumbu yang dihaluskan:

  • cabe merah – 6 buah
  • bawang putih – 4 butir
  • bawang merah – 6 siung

Cara membuat:

  1. Lumuri udang dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 10 menit lalu cuci bersih.
  2. Goreng pete sebentar, jangan terlalu matang. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus, sereh, lengkuas dan daun jeruk sampai harum, masukan udang dan tambahkan sedikit air.
  4. Setelah udang matang, masukan pete, garam dan gula aduk rata kembali. Sajikan.

4. Resep Udang Mayonaise

Perpaduan olahan udang goreng tepung dan saus mayonaise sajian udang ini menjadi hidangan yang membuat selera makan anda semakin meningkat. Hidangan udang yang satu ini juga bisa anda sajikan tidak hanya di kala berkumpul keluarga, tetapi juga bisa menjadi bekal yang menarik dan simpel bagi anak-anak anda ketika pergi ke sekolah.

Resep Masakan Olahan Udang

Bahan-bahan:

  • 300 gram udang 
  • 1/2 sendok makan merica bubuk atau secukupnya
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 siung bawang putih yang dicacah halus
  • 1 buah telur yang sudah dikocok
  • 2 sendok makan perasan air jeruk lemon
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • Minyak goreng

Bahan saus mayonaise:

  • 3 sendok makan mayonnaise
  • 1 sendok makan susu kental manis
  • 1 sendok makan air jeruk lemon
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 sendok makan wijen yang sudah disangrai

Cara membuat:

  1. Kupas kulit udang, bersihkan dan belah memanjang bagian punggung, jangan sampai putus.
  2. Lumuri udang dengan air perasan jeruk lemon, cacahan bawang putih, garam dan merica. Diamkan sekitar 15 menit
  3. Campurkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk rata
  4. Celupkan udang dalam telur yang sudah dikocok kemudian gulingkan dalam campuran tepung hingga tertutup rata
  5. Panaskan minyak dan goreng udang hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
  6. Untuk saus, campurkan mayonnaise, air perasan jeruk lemon, susu kental manis dan garam. Aduk rata
  7. Masukkan udang yang sudah digoreng, aduk rata dengan saus
  8. Taburi dengan wijen dan hidangkan selagi hangat

5. Resep Udang Saus Tiram

Resep Masakan Olahan Udang

Pasti udah nggak asing lagi dengan olahan udang saus tiram yang enak banget. Gurihnya saus tiram dipadukan dengan udang segar bikin mau nambah lagi dan lagi.

Bahan-bahan:

  • Udang dibersihkan 500 g
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Cabe hijau dipotong-potong 3 buah
  • Cabe rawit 5 buah
  • Daun bawang diiris 2 batang
  • Bawang bombay dipotong 1 buah
  • Bawang merah dicincang 5 siung
  • Bawang putih dicincang 2 siung
  • Daun jeruk dicincang 1 lembar
  • Jahe dipotong korek api 2 cm
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Kecap manis 3 sdm
  • Kecap asin 1 sdm
  • Saus tomat 2 sdm
  • Saus tiram 2 sdm
  • Minyak goreng 1/2 liter
  • Tepung maizena campur air (lk. 50 ml) 1 sdm
  • Gula pasir 1 sdt
  • Garam halus 1/2 sdt

Baca Juga : Cara Rahassia Membuat Kopi Ala Coffee Shop

Cara membuat:

  1. Setelah udang dibersihkan lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit lalu cuci.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih tambahkan bawang bombay, daun bawang dan cabe, tumis sampai harum.
  3. Tambahkan jahe, irisan daun jeruk dan udang, tumis sampai udang berubah warna.
  4. Tambahkan saus tomat, kecap manis, kecap asin, merica bubuk, saus tiram, gula dan garam lalu aduk sampai rata.
  5. Tambahkan tepung maizena lalu aduk sampai mengental dan matang.
  6. Setelah udang dibersihkan lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit lalu cuci.
  7. Tumis bawang merah dan bawang putih tambahkan bawang bombay, daun bawang dan cabe, tumis sampai harum.
  8. Tambahkan jahe, irisan daun jeruk dan udang, tumis sampai udang berubah warna.
  9. Tambahkan saus tomat, kecap manis, kecap asin, merica bubuk, saus tiram, gula dan garam lalu aduk sampai rata.
  10. Tambahkan tepung maizena lalu aduk sampai mengental dan matang.
  11. Angkat dan sajikan.

6. Resep Tempura Udang Wijen Hitam

Tempura udang merupakan menu favorit bagi para pecinta olahan udang tempura. Cara membuat tempura tidak susah, lho. Yuk selamat mencoba.

Resep Masakan Olahan Udang

Bahan-bahan:

  • 300gr udang jerbung
  • jeruk nipis secukupnya
  • 2 bungkus KOBE Tepung Bakwan Perkedel (ukuran 75gr)
  • 300ml air
  • 1 sendok makan wijen hitam
  • 400ml minyak goreng
  • 6 lbr daun bayam yang lebar (cuci dan tiriskan)
  • 10 bh tusuk sate

Cara membuat:

  1. Kupas udang. Sisakan kepala dan ekornya. Cuci bersih dan beri perasan jeruk nipis.
  2. Campurkan KOBE Tepung Bakwan dan Perkedel dengan air. Aduk rata hingga tidak ada yang menggumpal.
  3. Tambahkan wijen hitam. Aduk rata.
  4. Tusuk udang satu per satu dengan tusukan sate.
  5. Celup dan gulingkan udang ke dalam adonan basah.
  6. Goreng di dalam minyak panas hingga garing. Angkat dan tiriskan.
  7. Celupkan daun bayam ke dalam adonan basah. Goreng dalam minyak panas hingga garing.
  8. Angkat dan tiriskan.
  9. Sajikan Tempura Udang Wijen Hitam dengan daun bayam selagi hangat dan renyah.

7. Resep Laksa Udang Pedas

Olahan udang yang enak dan mudah selanjutnya adalah Laksa Udang Pedas. Rasa kuah Laksa yang pedas, ditambah dengan isian bihun, telur rebus, potongan ayam, toge dan udang ini semakin memperkaca cita rasa Laksa. Lebih nikmat jika disajikan selagi hangat

Resep Masakan Olahan Udang

Bahan-bahan:

  • 200gr bihun
  • 200gr toge
  • 250gr udang
  • 1 btg sereh
  • 1 ptg dada ayam (direbus dan disuwir)
  • 2 bh telur rebus (belah jadi 2)
  • bawang goreng secukupnya
  • daun kemangi secukupnya

Bahan kuah laksa:

  • 1 bks Bumbu Nasi Goreng Pedas Instan 20gr
  • 2 sdt lengkuas (dihaluskan)
  • 1 sdt kunyit (dihaluskan)
  • 3 bh kemiri (disangrai)
  • gula pasir secukupnya
  • kaldu udang secukupnya
  • 100ml santan
  • 2 sdm kelapa parut (disangrai dan haluskan)

Cara membuat:

  1. Tumis lengkuas, kunyit dan kemiri hingga harum. Aduk-aduk kemudian taburi gula pasir
  2. Tuang kaldu udang, 1 bks Bumbu Nasi Goreng Pedas, kelapa dan santan. Masak hingga mendidih. Kemudian masukkan udang dan sereh. Masak dengan api sedang.
  3. Aduk-aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga matang
  4. Siapkan mangkuk saji. Masukkan bihun dan toge
  5. Tuang kuah laksa ke dalam mangkuk. Taburi bawang goreng, potongan ayam suwir dan telur rebus di atasnya

8. Resep Udang Bakar Bumbu Dabu-dabu

Pecinta pedas pasti akan suka dengan olahan udang yang satu ini. Rasa pedas dari sambal dabu-dabu akan membuat makan terasa sangat nikmat.

Resep Masakan Olahan Udang

Bahan-bahan:

  • 250 gr udang ukuran sedang
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1/2 sdt garam

Bumbu:

  • 2 sdm saos tomat
  • 2 sdm saos sambal
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdm margarin

Bahan sambal:

  • 3 buah bawang merah, iris tipis
  • 1/2 buah tomat, potong kotang kecil2
  • 10 buah cabe rawit, potong2
  • 1 buah jeruk limau
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • Secukupnya penyedap jika suka

Cara membuat:

  1. Cuci bersih udang, tambahkan perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan kurleb 15 menit.
  2. Campurkan semua bumbu, aduk rata.
  3. Cuci kembali udang, lalu rendam dlm bumbu kurleb 1-2 jam. Biarkan bumbu meresap.
  4. Bakar di atas arang sampai matang. Boleh ditusuk dgn tusuk sate.
  5. Cara membuat sambal : campurkan semua bahan sambal, tambah perasan air jeruk limau. Panaskan minyak goreng lalu guyurkan ke atas bahan sambal. Aduk rata. Siap disajikan sbg pelengkap udang bakar.

9. Resep Udang Salted Egg

Ini dia, resep olahan udang goreng telur asin yang super crispy. Rasanya itu sangat kaya dengan citra rasa, ada rasa asin dan gurih sekaligus garing. Apalagi di hidangkan dengan nasi putih hangat di cocol dengan sambal botol. Sedap sekali!

Resep Masakan Olahan Udang

Bahan-bahan:

  • 500 gr Udang Pancet (kupas dan bersihkan)
  • 2 buah Lemon
  • 1 butir Telur Ayam
  • 3/4 cup Tepung Terigu
  • 1/4 cup Tepung Maizena
  • 1/2 sendok teh Lada Putih Bubuk
  • 1/2 sendok teh Garam
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan saus telur asin:

  • 6 butir Telur Asin Matang (ambil kuningnya)
  • 1/2 cup Susu Full Cream (atau air)
  • 3 siung Bawang Putih, cincang halus
  • 2 buah Cabe Merah Keriting, iris tipis
  • 4 buah Cabe Rawit Merah iris tipis
  • 1 batang Daun Bawang, iris tipis
  • 2 sendok makan Minyak Sayur
  • 1/2 sendok teh Gula Pasir secukupnya
  • Garam dan Lada Putih Bubuk

Cara membuat:

  1. Memasak udang: Rendam udang dalam campuran air dan lemon, diamkan 5 menit, buang airnya.
  2. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam, dan merica bubuk dalam satu wadah. Kocok telur dalam wadah terpisah.
  3. Panaskan minyak, celupkan udang kedalam telur yang sudah dikocok, balurkan tepung, goreng sampai kuning keemasan. Angkat, sisihkan.
  4. Membuat saus telur asin: Campurkan kuning telur asin matang dengan susu, gunakan garpu untuk menghancurkan kuning telurnya. Aduk rata.
  5. Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum, kemudian masukkan daun bawang, dan cabe2an.
  6. Masukkan kuning telur yang tadi udah kita aduk2 sama susu, dimasak sampai mengental. Tambahkan gula, garam, dan merica. Aduk lagi. Matikan api.
  7. Masukan udang yang sudah digoreng tadi ke panci. Aduk2 bareng sausnya.
  8. Sajikan di piring yang cantik seperti anda semuanya.