Aneka Resep Saus Steak Terlengkap

Posted on

youkitchen.co – Aneka resep saus steak terlengkap sebagai pilihan untuk kalian yang bosan dengan saus barbeque. Saus steak gak selalu saus barbeque loh. Ternyata ada aneka resep saus steak lain yang juga enak banget dijadikan pelengkap steak kalian.

Biar gak perlu panjang lebar lagi, langsung aja deh nih disimak untuk aneka resep saus steak terlengkapnya.

1. Saus Barbeque

Sudah menjadi sebuah kewajiban sepertinya kalau mau makan steak, pakai saus steak barbeque ini. Rasa nya memang enak sekali dan cocok untuk dijadikan pelengkap di steak kalian.

Resep Saus Steak

Bahan-bahan:

  • 2 sdm saus barbeque (aku pakai delmonte)
  • 1 sdm saus tomat
  • 1/2 sdt lada hitam
  • garam
  • gula
  • penyedap
  • pala bubuk
  • 1/2 buah bawang bombay (iris memanjang)
  • 3 siung bawang putih (iris-iris)
  • 3 siung bawang merah (iris-iris)
  • minyak secukupnya untuk menumis
  • maizena

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak. Masukan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Tumis hingga harum.
  2. Masukan saus barbeque dan saus tomat. Tambahkan sedikit air.
  3. Tunggu hingga mendidih. Masukan gula, garam, penyedap, lada hitam, dan pala bubuk. Koreksi rasa.
  4. Larutkan 1 sdt maizena dgn sedikit air. Tuang ke dalam saus hingga mengental.
  5. Angkat dan siap disajikan.

2. Saus Blackpepper

Saus Steak Blackpepper atau lada hitam ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk disajikan dengan steak favorit kalian. Cara mambuat dan bahan untuk saus lada hitam ini ternyata cukup sederhana. Asal bahan-bahan utama sudah tersedia, kalian pun bisa membuat hidangan rumahan bercitarasa restoran dengan sentuhan saus steak lada hitam. Tak harus ke restoran mahal untuk bisa menikmati steak dengan saus lada hitam favorit anda.

Resep Saus Steak

Bahan-bahan:

  • Air kaldu 200 ml (bisa juga diganti dengan air + kaldu instan)
  • Margarin/mentega 1 sdm
  • Bawang putih 3 siung. Cincang halus
  • Bawang bombay 1 buah. Cincang kasar
  • Saus tiram 1 sdm
  • Kecap manis 1 sdm
  • Lada hitam butiran 1 sdt. Tumbuk kasar
  • Gula pasir dan garam secukupnya
  • Tepung maizena 1 sdt. Larutkan dengan air

Cara membuat:

  1. Tumis bawang bombay dengan mentega/margarin. Setelah agak layu, masukkan bawang putih. Tumis hingga harum.
  2. Tambahkan saus tiram dan kecap manis, aduk rata. Masak dengan api kecil, kemudian tuangkan air kaldu.
  3. Bumbui dengan lada hitam dan gula pasir. Masak hingga mendidih. Cicipi rasanya, bila kurang asin bisa ditambahkan garam.
  4. Masukkan larutan tepung maizena untuk mengentalkan saus. Masak sebentar sambil diaduk-aduk. Setelah mencapai kekentalan yang diinginkan, saus siap diangkat dan disajikan.

Baca Juga : 9 Resep Olahan Udang Paling Mudah Dan Enak

3. Saus Keju

Saus steak keju yang gurih ini bisa jadi pilihan mu bila bosan dengan saus steak yang lainnya.

Resep Saus Steak

Bahan-bahan:

  • 250 mililiter susu putih full cream
  • 150 gram keju cheddar
  • 1 sachet tepung bumbu keju
  • 1 butir kuning telur
  • 1 1/2 sendok makan tepung maizena
  • Air mineral secukupnya
  • Bubuk cabe secukupnya (sesuai selera)

Cara membuat:

  1. Panaskan susu full cream dalam sebuah panci.
  2. Tambahkan keju cheddar ke dalam panci berisi susu dan aduk hingga larut.
  3. Campurkan tepung bumbu keju ke dalam larutan susu dan aduk hingga merata.
  4. Kalau ingin rasa sausnya agak pedas, tambahkan sedikit bubuk cabe sesuai selera.
  5. Gunakan mangkuk kecil, campurkan kuning telur, tepung maizena, dan sedikit air mineral. Aduk hingga larut.
  6. Masukkan adonan kuning telur ke dalam panci sedikit demi sedikit. Aduk hingga mendidih.
  7. Setelah mendidih, tuang ke wadah yang sudah tersedia.

Baca Juga : Rahasia Cara Membuat Kopi Ala Cofee Shop

4. Saus Mushroom

Saus mushroom ini ada juga loh di aneka resep saus steak terlengkap. Untuk yang suka dengan rasa saus yang gurih dan creamy, saus steak ini bisa jadi pilihan.

Resep Saus Steak

Bahan-bahan:

  • 100 gram jamur champignon, diiris tipis -tipis
  • 2 butir bawang putih
  • 1 butir bawang bombay
  • 5 sendok makan kecap
  • 200 ml kaldu sapi
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm margarin untuk menumis
  • Lada bubuk, garam dan oregano secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak. Masukan bawang putih, bawang bombay. Tumis hingga harum.
  2. Lalu masukan jamur. Tambahkan kecap, aduk sampai rata.
  3. Masukan kaldu sapi, tepung terigu, garam, lada bubuk dan oregano. Koreksi rasa.
  4. Masak terus sampai saus mengental, setelah itu matikan api.
  5. Saus Mushroom siap disajikan.

Gimana aneka resep saus steak terlengkap nya? Resep saus steak yang mudah ini bisa dipraktekan sendiri di rumah. Selamat mencoba.