Cara Bikin Bakso Ayam Yang Kenyal dan Gurih

Posted on

youkitchen.co – Musim hujan begini, jadi suka pengen bikin bakso ayam deh. Enak banget nih makan bakso anget-anget. Tapi, mager hiks.

Akhirnya bikin bakso ayam aja deh di rumah. Stok bahan nya juga ada semua hehe.

tokopedia,best car insurance,insurance companies, kumpulan resep masakan, bukalapak,shopee

Cara bikin bakso ayam yang kenyal dan gurih itu ternyata semudah itu. Dibutuhkan sedikit kesabaran ekstra untuk bikin bakso ayam yang kenyal dan gurih. Hehehe. Karena ada tambahan step untuk bikin bakso ayam nya kenyal, jadi akan sedikit makan waktu lebih banyak.

So, kalo bikin bakso ayam sendiri, udah terjamin aman. Karena, kalo bikin bakso ayam sendiri, tanpa ada tambahan bahan kimia apapun. Yuk, iniloh cara bikin bakso ayam yang kenyal dan gurih.

Cara Bikin Bakso Ayam

Bahan-bahan:

    • 300 gr daging ayam dipotong kecil2
    • 4 bh es batu uk 2 x 2 cm
    • 1 sdm bawang putih dicincang halus
    • 1 sdm bawang merah goreng
    • 2 sdm tepung kanji
    • 1 btr putih telur
    • 1 bgks royco rasa sapi
    • 1 sdt merica bubuk
    • 1 sdt kecap manis
    • 1/2 sdt kecap hitam
    • 1/2 sdt garam
    • 1 sdt kaldu jamur/penyedap rasa
    • 1/2 sdm baking powder
    • 1 sdm minyak goreng
  • secukupnya air es utk rendaman bakso
Air rebusan bakso:
    • secukupnya air matang
  • 1 bgks royco rasa sapi

Baca Juga : Rahasia Cara Membuat Kuah Bakso Supaya Harum 

Cara membuat:

  1. Masukkan daging ayam + es batu ke food processor proses hingga halus, sekitar 5 menit… Lalu masukkan bahan lainnya. Proses lagi hingga bnr2 halus kira2 5mnt.
  2. Tuangkan adonan daging yang udah siap ke dalam mangkok, banting sebanyak 4 x atau hingga terlihat kalis.
  3. Panaskan air + royco hingga mendidih dulu, matikan kompor setelah mendidih. Lalu buat adonan bakso menyerupai bulatan dgn mengepalkan adonan ditangan.
  4. Masukkan bulatan bakso ke air panas td.. Lakukan hingga semua adonan habis. Lalu hidupkan kompor, masak dgn api kecil hingga matang ± 25 mnt. Usahakan airnya cm mendidih dgn letupan2 kecil.
  5. Angkat bakso yang sudah matang dan langsung masukkan ke air es. Cara seperti ini akan membuat tekstur bakso lebih kenyal.
  6. Tiriskan bakso nya. Apabila sudah dingin, bakso siap disajikan untuk bakso kuah, bakso bakar dll.

Sangat mudah kan resepnya? Resep bikin bakso ayam ini bisa dipraktekan sendiri di rumah. Untuk bahan-bahannya pun mudah di dapat di minimarket. Selamat mencoba.