Kumpulan Resep Olahan Tempe Modern Terbaru

Posted on

youkitchen.co – Olahan tempe modern merupakan makanan asli Indonesia yang  rasanya sudah nggak asing di telinga dan lidah kamu, kan?

Yap! Olahan tempe modern yang bahkan sudah go international ini memang juara enaknya. Tapi, semakin hari banyak juga di antara kamu yang berpikir kalau olahan tempe itu merupakan makanan yang kuno dan nggak kece.

tokopedia,best car insurance,insurance companies, kumpulan resep masakan, bukalapak,shopee

Duh, siapa bilang sih olahan tempe itu kuno, olahan tempe juga selalu modern dan mengikuti perkembangan zaman kok. Coba deh lihat kumpulan resep olahan tempe modern terbaru di bawah ini, dijamin kamu akan semakin cinta sama olahan tempe. Nggak percaya? Yuk, dicoba sendiri aja.

1. Resep Olahan Tempe Modern: Steak Tempe

Resep Olahan Tempe Modern yang satu ini gak kalah dengan makanan-makanan barat lain loh.

Yup! Steak Tempe yang modern ini dibuat untuk kalian yang bosan dengan olahan tempe yang gitu-gitu aja.

Dengan campuran bahan lain, olahan tempe modern ini bisa jadi referensi terbaru kamu untuk makan malam.

Resep Olahan Tempe Modern

Bahan-bahan:

Steak Tempe:

150 gram Tempe
100 gram Ayam Cincang
1 siung Bawang Bombay
3 sendok makan Tepung Roti
1 sendok teh Merica bubuk
1 sendok teh Garam
1 sendok teh Kaldu bubuk

Pelapis:

2 butir Telur Ayam
secukupnya Tepung Roti

Saus Steak Tempe:

1 siung Bawang Bombay
1 sendok teh Saus Tiram
2 sendok makan Saus Tomat
2 sendok makan Kecap Manis
1 sendok teh Lada Hitam
1 sendok makan Gula Pasir
1 sendok teh Garam
1 sendok teh Kaldu bubuk
150 ml Air
2 sendok makan Tepung Maizena

Cara membuat:

1. Kukus tempe selama 15 menit untuk menghilangkan rasa getir. Hancurkan tempe sampai halus lalu campur dengan semua bahan steak yang telah di sebutkan.
2. Bentuk tempe menjadi bulat pipih sesuai selera. Celupkan steak ke kocokan telur lalu gulingkan ke tepung roti. Ulangi 2 kali agar lapisan tebal lalu goreng hingga matang.
3. SAUS :  Tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan saus tiram, saus tomat, kecap, garam, gula, kaldu bubuk, lada. Masukkan air, tunggu hingga air mendidih, masukkan larutan maizena.
4. Sajikan steak dengan saus, bisa di tambahkan pelengkap seperti kentang, wortel dan buncis.
Steak Tempe ini merupakan salah satu resep olahan tempe modern terbaru yang aku buat. Steak tempe modern ini cocok untuk disajikan saat makan malam bersama keluarga.
2. Resep Olahan Tempe Modern: Burger Tempe
Buat kamu para pecinta burger, nggak rugi kalau kamu cobain olahan tempe modern ini, yaitu burger tempe.
Selain enak, kamu bisa buat sendiri olahan tempe ini dengan gampang.
Untuk resep terbarunya bisa disimak yaa.
Resep Olahan Tempe Modern

Bahan-bahan:

Bahan patty tempe:
1 papan tempe, kukus
1 butir telur, kocok lepas
5 sdm tepung terigu
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdt lada halus
Garam dan kaldu bubuk
Minyak goreng

Pelapis:

1 putih telur
100 grm tepung roti

Pelengkap:

roti burger
daun selada
tomat
timun
saus tomat
saus mayo

Cara membuat:

1. Kukus tempe selama 15 menit, angkat dan haluskan. Campur dengan telur, terigu, bawang putih, lada, garam dan kaldu bubuk.
2. Ambil sedikit adonan tempe. Bulatkan dan kemudian pipihkan menyerupai patty, biar rapi cetak dng tutup gelas.  Celupkan pada telur yang telah dikocok dan balur dengan tepung panir. Goreng sampai kuning keemasan, angkat dan sisihkan.
3. Ambil roti. Belah jd 2, kemudian panggang di atas teflon sebentar.
4. Ambil satu buah roti yg sdh di belah. Beri saus di dasar roti, tambahkan daun selada, irisan timun, tomat, patty tempe, mayonaise. Tutup dengan roti bagian atas.
5. Burger Tempe siap di sajikan.
Belum banyak orang tau bahwa olahan tempe modern ini punya rasa yang tidak kalah dengan aslinya. Selamat mencoba.
3. Resep Olahan Tempe Modern: Bakso Tempe
Siapa sih yang tidak suka Bakso? Makanan khas Indonesia ini sudah terkenal dengan cita rasanya yang gurih. Tapi siapa sangka bahwa Bakso bisa dibuat dari Tempe? Resep olahan tempe modern terbaru nih, yaitu Bakso Tempe. Olahan tempe modern ini bisa banget dikonsumsi oleh kalian yang vegetarian.
Selain itu, olahan tempe modern yang satu ini sangat cocok disajikan saat berkumpul dengan teman-teman atau keluarga.
Resep Olahan Tempe Modern

Bahan-bahan:

1 papan tempe

250 gr tepung sagu

100 gr tepung terigu

1 butir telur

3 siung bawang putih yang harus kamu haluskan

garam secukupya

penyedap rasa secukupnya

air es secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Potong tempe menjadi kecil-kecil, lalu kukuslah sampai tempe empuk, kemudian haluskan.
  2. Campurkan semua bahan kecuali air dan aduk sampai rata.
  3. Masukkan air es sedikit demi sedikit sampai jadi adonan yang bisa dibentuk.
  4. Rebus air, tambahkan minyak sayur 2 sdm.
  5. Kemudian, bentuklah adonan menjadi bakso bulat atau sesuai dengan selera.
  6. Lalu, masukkan ke air mendidih, kalau bakso sudah mengapung berarti bakso sudah matang.

 

Untuk menyajikan olahan tempe modern ini, bisa juga dilengkapi dengan bahan lain, seperti cuanki, mie, ditambah dengan kuah kaldu dan saus sambal. Yuummm, jadi gak sabar untuk coba resep olahan tempe modern terbaru ini.

4. Resep Olahan Tempe Modern: Sushi Tempe
Sushi itu ternyata gak melulu isi ikan salmon loh. Ditangan seorang yang kreatif, sushi bisa dibuat dari olahan tempe modern. Gak percaya? Hihihi.
Olahan tempe bisa dijadikan isian sushi yang modern dan kekinian. Untuk kalian yang gak suka ikan laut, bisa loh coba resep olahan tempe modern ini buat jadi isian sushinya.
Resep Olahan Tempe Modern

Bahan-bahan:

500 gr tempe
nori
4 buah telur
1 buah timun
udang tempura
bawang putih
garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong tempe menjadi bagian kecil lalu kukus hingga setengah matang. Setelah diangkat lalu bumbui dengan bawang putih yang sudah kamu haluskan dan juga garam, lalu kukus lagi hingga matang. Kemudian, campur bumbu dan tempe dengan tangan sambil dihaluskan dan diamkan sampai tempe menjadi dingin.
  2. Goreng udang tempura hingga matang, serta cuci mentimun sampai bersih dan irislah memanjang.
  3. Lalu, kamu juga harus mengocok telur dan goreng pada ketebalan kurang lebih 1-1,5 cm dan diamkan sebentar kemudian iris memanjang.
  4. Siapkan gulungan sushi atau kalau kamu nggak punya bisa diganti dengan plastik. Taruh nori di atas gulungan dan tambahkan tempe yang sudah dihaluskan sambil ditekan-tekan agar padat.
  5. Tambahkan pula telur, udang tempura, dan mentimun di atas tempe (isinya bisa diganti sesuai dengan selera kamu ya).
  6. Kemudian gulung sambil kamu tekan agar padat dan mudah untuk dipotong.
  7. Lalu, potonglah sushi tempe sesuai dengan seleramu.

Gimana gampang kan bikin olahan tempe modern yang satu ini? Tempe emang bisa banget buat diolah jadi makanan modern dan kekinian.

 

5. Resep Olahan Tempe Modern: Rolade Tempe
Olahan Tempe yang modern dan kekinian ini cocok untuk dijadikan teman nasi hangat. Dilengkapi saus sambal sebagai cocolan, akan sangat enak dan nikmat. Yuuummm. Cus langsung aja dicek resep olahan tempe modernnya, yaitu Rolade Tempe.
Resep Olahan Tempe Modern

Bahan-bahan:

1 papan tempe
3 siung bawang putih, haluskan
Secukupnya garam, gula, lada dan kaldu jamur
1 sdm tepung terigu
2 sdm tepung roti
3 butir telur (1 butir untuk adonan, 2 butir utk dadar telur)

Cara membuat:

1. Kukus tempe sampai matang. Angkat.
2. Selagi masih panas, haluskan tempe. Sisihkan dalam wadah.
3. Tambahkan bawang putih halus, garam, gula, lada dan kaldu jamur. Tambahkan pula tepung terigu dan tepung panir. Aduk merata. Koreksi rasa.
4. Kemudian masukkan 1 butir telurnya, aduk merata. Sisihkan.
5. Kocok 2 butir telurnya, beri sedikit kaldu jamur. Aduk merata. Panaskan teflon, beri sedikit margarin. Kemudian masukkan sebagian telur kocoknya, dadar tipis. Sisihkan.
6. Taruh telur dadarnya, beri isian tempe.
7. Gulung telur dadarnya. Untuk merapatkan bagian ujungnya, beri larutan tepung terigu yang dicairkan dengan sedikit air.
8. Bungkus rolade dengan aluminium foil. Rapikan bagian samping rolade dengan menekan ke dalam, kemudian rekatkan aluminium foilnya. Kukus rolade selama 20 menit.
9. Bungkus rolade dengan aluminium foil. Rapikan bagian samping rolade dengan menekan ke dalam, kemudian rekatkan aluminium foilnya. Kukus rolade selama 20 menit.
10. Setelah matang, angkat. Biarkan dingin. Iris rolade menyerong dan goreng sampai kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
Selain dicocol dengan saus sambal, bisa juga disajikan dengan siraman saus barbeque loh. Olahan tempe emang paling cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam makanan yaa.
6. Resep Olahan Tempe Modern: Bola-bola Tempe
Bola-bola Tempe ini merupakan resep olahan tempe modern terbaru yang aku buat. Awalnya coba-coba, bisa gak ya olahan tempe aku buat jadi bola-bola yang gurih dan enak.
Ternyata membuat olahan tempe yang modern dan enak itu gampang.
Karena tempe pada dasarnya rasanya bisa dipadukan dengan bumbu apapun, sehingga sangat memudah untuk membuat olahan tempe nya.
Oiya, ini resep olahan tempe modern nya aku dapet dari temen arisanku.
Resep Olahan Tempe Modern

Bahan-bahan:

  • 200 gr tempe yang harus kamu kukus dan tumbuk sampai halus
  • 1 butir telur ayam
  • 1 batang bawang daun yang kamu iris tipis
  • 15 gr telur puyuh yang sudah kamu rebus dan jangan lupa dikupas ya
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • kaldu bubuk secukupnya

Pelapis:

  • 3 sdm tepung terigu yang kamu larutkan dengan segelas air
  • 100 gr tepung roti kasar

Cara membuat:

  1. Campurkanlah tempe yang sudah kamu tumbuk dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan aduk sampai rata.
  2. Tambahkan juga telur ayam dan bawang daun, lalu aduk lagi hingga tercampur semuanya.
  3. Kemudian, ambilah satu sendok makan adonan, lalu pipihkan dan letakkan satu butir telur puyuh dan tutup hingga telur puyuh terbungkus dengan adonan tempe. Lakukan seterusnya hingga adonan habis.
  4. Selanjutnya, celupkan bola tempe ke dalam larutan terigu lalu gulingkan ke tepung roti. Setelah itu, simpan dalam dulu adonan tempe itu di dalam kulkas selama 1 jam agar tepung roti menempel sempurna.
  5. Goreng dalam minyak panas sampai berubah warna kuning kecoklatan. Bola-bola tempe pun siap disajikan.

 

 

Nah, itu adalah resep olahan tempe modern terbaru yang bisa aku share buat kalian. Pasti bosen kan kalo olahan tempe itu cuma dibuat tempe bacem, tempe goreng, tempe mendoan.

Resep olahan tempe diatas bisa jadi pilihan buat kalian yang bosen dengan olahan tempe yang biasa.

Selain cara buatnya yang mudah, resep olahan tempe yang aku kasih juga bahannya simpel dan mudah didapat.