9 Resep Lengkap Menu Lebaran Paling Mudah Terbaru

Posted on

Gak terasa puasa sudah mau masuk ke 10 hari terakhir ya Moms. Sudah pasti mulai terfikir menu lebaran yang praktis yaa. Banyak banget memang pilihan menu lebaran yang praktis tapi tetep enak, cum akadang bingung gitu ya Moms. Kadang suami pengen menu lebaran ketupat sayur, tapi tetep pengennya masakan lebaran tanpa santan. Hihihi.

Tapi untungnya banyak banget referensi dari Mommy semua untuk menu lebaran terbaru, jadi aku agak lega untuk milih menu nya. Oiya, tahun ini aku milih untuk masak makanan lebaran yang unik dan beda dari tahun-tahun sebelumnya. Penasaran? Yuk disimak yaa Moms.

tokopedia,best car insurance,insurance companies, kumpulan resep masakan, bukalapak,shopee

1. Cara Bikin Ketupat Super Simple

Resep Lengkap Menu Lebaran Paling Mudah Terbaru

Untuk mengetahui cara membuat ketupat nasi, banyak banget info dari sana dan sini. Dari mulai resep ketupat santan, resep ketupat sayur, resep ketupat lemak, cara mengisi ketupat yang benar, resep ketupat dan kuahnya, dan masiiiihhhh banyak lagi. Sampai akhirnya aku nemuin cara membuat ketupat nasi yang bener-bener pas. Pas isinya, pas kenyalnya, pas gurihnya. Dijamin resep ketupat lebaran yg aku share ini gak akan gagal.

Bahan

  • 800 gram beras yang telah dicuci bersih dan ditiriskan
  • 20 butir ketupat
  • 3 liter santan kelapa dari 2 butir kelapa ukuran sedang
  • Garam (secukupnya, kira-kira setengah sendok makan)

Cara Membuat

  1. Isi setiap ketupat dengan beras (1/3 bagian)
  2. Siapkan air santan dan garam. Panaskan panci dan masukkan santan kelapa serta garam.
  3. Masukkan ketupat satu persatu ke dalam panci dan pastikan semuanya terendam air dengan baik.
  4. Rebus ketupat ini di atas api sedang selama 3 sampai 4 jam. Jika selama merebus airnya akan habis, tambahkan air panas di dalamnya dan tunggu ketupat hingga matang sempurna.
  5. Aduk ketupat agar semua ketupat matang merata.
  6. Jika ketupat sudah matang, angkat ketupat, tiriskan dan biarkan ketupat dingin.
  7. Ketupat pun siap untuk disajikan.

2. Cara Bikin Opor Ayam Gak Pake Ribet

Resep Lengkap Menu Lebaran Paling Mudah Terbaru

Resep opor ayam lebaran memang banyak variannya ya Moms. Ada resep opor ayam putih, resep opor ayam kuning, resep opor ayam tradisional, banyaaakkkk. Tapi untuk resep opor ayam sederhana memang gak banyak yang tau Moms. Padahal untuk resep opor ayam enak dan empuk itu gampang banget. Yuk disimak

Bahan:

  • 1 kg ayam, potong sesuai selera
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sdt gula merah
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 3 batang serai, memarkan
  • 3 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 750 ml santan encer
  • 250 ml santan kental
  • minyak goreng

Bumbu Yang Dihaluskan:

  • 12 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 1 ruas kunyit, bakar
  • 1/8 sdt jintan

Cara Memasak:

  1. Tumis semua bumbu halus, tambahkan lengkuas, daun salam, serai, dan jahe.
  2. Tumis sampai berbau harum.
  3. Masukkan ayam dan masak sampai berubah warna.
  4. Tuangkan santan encer dan aduk rata.
  5. Tambahkan garam, gula merah, dan merica dan aduk lagi sampai rata.
  6. Masak sampai bumbu dan santan meresap.
  7. Tuangkan santan kental dan masak sampai mengental.
  8. Angkat dan sajikan bersama lontong atau ketupat.

 

3. Resep Rendang Siap Dalam Sekejap

Resep Lengkap Menu Lebaran Paling Mudah Terbaru

Cara membuat rendang daging sapi yang enak dan empuk kadang tricky ya. Lihat di resep A, enak sih, tapi ternyata gak empuk, di resep B, empuh sih, tapi bumbunya kurang nendang. Nah, untuk menu lebaran kali ini, aku bakalan share cara membuat rendang daging sapi yang enak dan empuk.

Bahan:

  • 1 kg daging sapi, potong dadu
  • 2 buah kelapa, ambil santannya
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun kunyit
  • 1 sdt garam
  • 1 1/2 sdt gulaBumbu Halus:
  • 15 buah bawang merah
  • 5 buah bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 cm kunyit
  • 5 buah cabai merah ukuran besar
  • 15 buah cabai kecil (sesuai selera)

 

Cara Memasak:

1. Tumis bumbu halus, lengkuas, serai dan daun kunyit hingga harum dan kering.

2. Masukkan potongan daging dan tumis hingga daging setengah matang. Masukkan santan, aduk hingga santan mengering dan daging benar-benar empuk.

3. Sajikan selagi hangat.

 

4. Cara Mudah Bikin Sambel Goreng Kentang Ati Ampela

Resep Lengkap Menu Lebaran Paling Mudah Terbaru

Resep sambel goreng kentang ati untuk menu lebaran kali ini sesuai request nya orang rumah nih. Pada ngebet banget pengen bikin menu lebaran yang ada sambel goreng kentang ati nya. Manis pedas di resep sambel goreng kentang ati untuk menu lebaran ini bisa dimodifikasi sesuai selera ya Moms.

Bahan

  • 500 gram kentang (kupas, potong dadu, goreng hingga matang)
  • Ampela hati 4 pasang (cuci bersih, potong dadu, goreng hingga matang)
  • 3 cm lengkuas (memarkan)
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • Kecap manis (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu Halus

  • 5 buah cabai merah besar (buang isi)
  • 3 buah cabai rawit
  • 9 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya, jika suka)

Cara Membuat

  1. Siapkan semua bahan dan bumbu yang telah dihaluskan.
  2. Tumis bumbu hingga harum dan matang.
  3. Masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas yang telah dimemarkan. Aduk rata.
  4. Masukkan hati ampela dan kentang yang sudah digoreng hingga matang.
  5. Aduk rata semua bahan dan bumbu hingga keduanya tercampur rata.
  6. Tambahkan kecap manis ke dalam sambal goreng kentang ampela hati dan masak kira-kira selama 10 menit hingga matang serta bumbu meresap dengan baik.

 

5. Kari Ayam Kuah Pedas Gurih

Resep Lengkap Menu Lebaran Paling Mudah Terbaru

Resep kari ayam sederhana tapi rasanya luar biasa. Kapan lagi moms bisa masak menu lebaran yang simpel tapi jadi favorit keluarga. Resep kari ayam sederhana yang bakalan aku share ini gak makan waktu banyak kok. Menu lebaran gak harus ribet kan Moms.

Bahan

  • 1 kg daging ayam (potong 12 atau 10 bagian)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 3 cm kayu manis
  • 2 batang serai (memarkan)
  • 700 ml santan encer
  • 250 ml santan kental
  • 5 cm lengkuas (memarkan)
  • 2 buah kentang (kupas, iris dadu sesuai selera)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam

Bumbu

  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 12 siung bawang merah (haluskan)
  • 7 siung bawang putih (haluskan)
  • 15 cabai rawit (haluskan)
  • 5 cabai merah besar (buang isi, haluskan)
  • 5 kemiri (sangrai haluskan)
  • 5 cm kunyit (haluskan)
  • 1 sdt jintan (haluskan)
  • 2 cm jahe (haluskan)
  • 1 sdm ketumbar (haluskan)
  • Merica bubuk (secukupnya)

Cara Membuat

  1. Cuci ayam lalu goreng hingga setengah matang atau matang sesuai selera. Tiriskan lalu biarkan.
  2. Sementara ayam ditiriskan, tumis bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga aromanya wangi. Masukkan santan encer ke dalam bumbu yang sedang ditumis. Biarkan hingga agak mendidih.
  3. Selanjutnya, masukkan kentang, daun jeruk, daun salam, batang serai, kayu manis dan lengkuas. Tunggu hingga kentang setengah matang atau cukup empuk.
  4. Masukkan daging ayam lalu masak hingga mendidih serta semua bumbu meresap ke daging ayam.
  5. Jika sudah mendidih, masukkan santan kental dan tunggu hingga mendidih lagi. Sambil menunggu kari mendidih, aduk kari ayam agar santan tidak pecah atau menggumpal.
  6. Jika sudah matang, angkat kari ayam dari atas kompor dan sajikan di mangkok saji.

 

6. Resep Gampang Bikin Dendeng Balado

Resep Lengkap Menu Lebaran Paling Mudah Terbaru

Resep dendeng balado kering untuk menu lebaran kali ini spesial aku bikin untuk menyambut keluarga ku dari Surabaya. Sebetulnya resep dendeng balado keringnya bisa banget dimodifikasi jadi resep dendeng balado hijau. Sesuai selera aja moms. Tapi kalo aku lebih favorit resep ini, resep dendeng balado terasa renyah dan pedas. Resep dendeng balado kering ala padang untuk menu ini aku dapat dari temenku yang memang asli padang.

Bahan Dasar:

  • 400 gram daging gandik
  • 8 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air asam, dari 1 sdt air asam jawa yang dilarutkan dalam 1 sdt air
  • 50 ml minyak untuk menumis
  • Minyak goreng

Bahan Bumbu Tumbuk Kasar:

  • 8 butir bawang merah
  • 10 buah cabe merah besar

Cara Membuat Dendeng Balado:

  1. Iris tipis daging searah dengan seratnya.
  2. Letakkan di loyang tanpa minyak. Letakkan di oven dan panaskan dengan api bawah pada suhu 150 derajat celsius selama 40 menit hingga kering. Dinginkan.
  3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan kering. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak. Tumis bumbu tumbuk kasar, daun jeruk, daun salam, dan serai hingga harum.
  5. Masukkan daging, garam, dan gula pasir, lalu aduk rata. Tambahkan air asam, aduk rata. Angkat dan sajikan.

 

7. Resep Cepat Bikin Ayam Bumbu Cabe Ijo

Resep Lengkap Menu Lebaran Paling Mudah Terbaru

Resep menu lebaran yang lagi-lagi adalah ayam. Yak, resep ayam cabe ijo sederhana. Untuk menggugah selera saat menyantap menu lebaran, resep ayam cabe ijo kemangi ini pun bisa banget jadi alternatif. Menu lebaran gak harus melulu makanan bersantan kok Moms.

Bahan Dasar:

  • 1 ekor ayam, dipotong menjadi 10 potong
  • 500 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, disobek-sobek
  • 1/2 sdt asam jawa
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • Minyak goreng

Bahan Bumbu Halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Bahan Sambal Hijau:

  • 5 buah cabai hijau keriting
  • 3 buah cabai hijau besar
  • 4 butir bawang merah
  • 2 buah tomat hijau, dipotong-potong
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt air jeruk nipis
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Bahan Pelengkap:

  • 1 buah mentimun, potong-potong
  • 5 tangkai daun kemangi
  • 10 lembar daun selada

Cara Membuat:

  1. Ungkep ayam, bumbu halus, air, daun salam, lengkuas, daun jeruk, asam jawa, dan jahe hingga matang dan bumbu meresap. Angkat dan tiriskan.
  2. Goreng ayam dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga kecoklatan dan matang.
  3. Sambal hijau: haluskan cabai hijau keriting, cabai hijau besar, bawang merah, dan tomat hijau, namun tidak perlu hingga benar-benar halus.
  4. Panaskan minyak, lalu tumis sambal hijau hingga harum. Masukkan ayam, garam, gula pasir, dan air jeruk nipis, aduk rata. Angkat setelah matang.
  5. Sajikan dengan bahan pelengkap.

 

8. Cara Mudah Bikin Resep Kentang Kering Balado

Resep Lengkap Menu Lebaran Paling Mudah Terbaru

Resep kering kentang balado ini yang juga dikenal dengan resep kering kentang mustofa emang paling pas disajikan sebagai menu lebaran Moms. Untuk tambahannya bisa dengan resep kering kentang kacang tanah atau resep kering kentang teri. Manis, gurih, enak. Nah, kali ini pun aku share cara membuat kering kentang renyah tahan lama. Dijamin kentang mustofa anti gagal deh.

Bahan :

  • 500 gram kentang, serut atau potong korek api kecil

Bumbu :

  • 10 buah cabai merah ( sesuai selera ), haluskan sampai benar-benar halus
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk (optional)
  • Garam secukupnya
  • Daun jeruk  4 lembar
  • Air asam encer Jawa 1 sendok teh

Baca Juga : Kumpulan Resep Kue Kering Unik Untuk Lebaran

Cara membuat :

  1. Rendam kentang yang sudah dipotong-potong di air kapur sirih secukupnya (ambil 1 sendok teh air kapur sirih di campur air secukupnya sampai kentang terendam, diamkan sekitar 15 menit)
  2. Cuci sekali, tiriskan lalu goreng hingga kering dan renyah. Gunakan minyak banyak dan jangan terlalu banyak memasukkan kentang agar cepat kering.
  3. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan air asam Jawa, kaldu ayam dan garam, aduk cepat hingga rata,
  4. Masukkan juga kentang dan gula pasir, aduk dengan cepat hingga benar-benar rata.
  5. Jika takut gosong matikan atau kecilkan api.

 

9. Resep Acar Timun Wortel Pelengkap Menu Lebaran

Resep Lengkap Menu Lebaran Paling Mudah Terbaru

Saat menyantap menu lebaran bersantan dengan segala daging dan lemaknya, paling pas emang untuk menambahkan acar timun wortel yang seger banget di menu lebaran kali ini. Acar timun wortel tanpa cuka pun bisa mommy ganti menggunakan air perasan lemon.

Bahan-bahan:

  • 2 buah mentimun
  • 2 buah wortel
  • 7 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 sdm cuka makan
  • 1 sdm gula pasir
  • 4 sdm air hangat

Cara membuat:

  1. Kupas mentimun, buang bijinya, dan potong sepanjang korek api. Begitu pula wortel, potong panjang korek api.
  2. Potong-potong bawang merah dan cabai rawit. Campurkan dengan mentimun dan wortel.
  3. Tambahkan gula, cuka dan air hangat. Aduk rata. Masukkan kulkas hingga kurang lebih 4 jam, baru acar bisa disantap dengan rasa yang lebih menyatu.