Kumpulan Resep Buka Puasa Siap Dalam 10 Menit

Posted on

Menjalankan ibadah puasa merupakan sebuah tantangan untuk para mommy yaa. Selain menjalankan puasa itu sendiri, kita harus pinter-pinter cari menu buka puasa irit yang bisa kita hidangkan dengan cepat untuk anak dan suami. Bukan hanya menu buka puasa irit saja yang harus kita siapkan, ada pula menu takjil buka puasa yang kadang bikin kita kebingungan, hmmm, mau bikin apa lagi yaa? Hayooo, siapa yang ngerasain hal yang sama? Hihihi.

Menu buka puasa sederhana dan praktis sebetulnya banyak moms, hanya kadang kita kebingungan untuk menyediakan yang mana terlebih dahulu. Atau kita kebingungan, minuman buka puasa apa yang harus kita sajikan? Atau jajanan buka puasa apa sih yang kira-kira anak dan suami akan suka?

tokopedia,best car insurance,insurance companies, kumpulan resep masakan, bukalapak,shopee

Untuk memudahkan mommy semua, aku mau share menu buka puasa kuliner kesukaanku yang juga jadi favoritnya anak dan suami ku. Resep menu buka puasa sederhana dan praktis yang bisa dijadikan referensi mommy semua untuk masak sore ini.

1. Resep Buka Puasa Tahu Cabe Garam Yang Gurih Gak Bisa Lupa

kumpulan ide resep buka puasa

Nah kalo ini menu buka puasa nya buat cemilan pengganti gorengan, rasanya juga dijamin lebih enak dari gorengan bikin langsung segar soalnya rasa nya puedess poolll.

bisa di coba deh buat bunda yang mau bikin menu buka puasa yang gak biasa buat keluarganya.

Bahan – bahan :

  • 4 blok tahu putih
  • 1 sdm tepung kanji
  • 1/2 sdm garam
  • 2 sdm tepung maizena
  • Merica secukupnya

Bahan taburan:

  • 6 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 buah cabe rawiit, cincang halus
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdm margarin
  • 1 batang bawang putih, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, cincang halus

 

Cara Membuat:

  1. Rebus tahu dengan sedikit garam. Tiriskan hingga tak ada air yang tersisa.
  2. Potong tahu berbentuk kubus, kira-kira 3×3 cm.
  3. Campur tepung maizena, tepung kanji, garam dan merica. Lapisi tahu dengan tepung tersebut.
  4. Goreng dalam minyak panas dan banyak. Tiriskan hingga tidak ada minyak tersisa.
  5. Taburan cabe: Goreng bawang putih dalam minyak banyak. Aduk cepat agar tidak gosong. Tiriskan.
  6. Panaskan 1 sdm minyak goreng bekas bawang putih tadi. Tambahkan 1 sdm margarin. Tumis cabe, bawang daun, bawang putih, garam dan merica. Bila sudah mengering, masukkan bawang putih goreng.
  7. Taburkan bumbu taburan cabe di atas tahunya. Campur hingga bumbu melapisi tahu dengan merata.

 

2. Resep Buka Puasa Bola-bola Daging Lada Hitam Yang Super Empuk

kumpulan ide resep buka puasa

Menu makanan buka puasa ini bikinnya juga gak susah kok. yuk langsung di lihat bahan-bahannya.

Bahan :

  • 300 gr daging giling
  • 200 gr kentang
  • 250 ml air
  • 1 batang daun bawang, diiris miring
  • 1 buah bawang bombay, diiris panjang tebal
  • 2 buah cabai hijau, dipotong bulat 1cm
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus tomat
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 2 sdm margarin untuk menumis
  • 2 sdt lada hitam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdt tepung sagu  ditambahkan 1 sdt air
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Masukkan daging giling dan garam  ke dalam wadah kemudian aduk rata. Bentuk bola-bola sesuai selera. Sisihkan.
  2. Panaskan margarin diatas wajan dengan api sedang lalu masukkan bola daging tadi tumis hingga berubah warna.
  3. Masukkan cabai hijau dan bawang bombay tumis hingga harum.
  4. Tambahkan saus tomas, lada hitam, saus tiram, gula dan garam. Aduk rata
  5. Tuang air kedalam bola daging. Masak diatas api sedang higga bumbu meresap semua.
  6. Setelah bumbu meresap masukkan larutan tepung sagu. Masak hingga mengental.
  7. Terakhir masukkan daun bawang, aduk rata. Angkat dan bola daging lada hitam siap disajikan.

 

3. Resep Buka Puasa Ayam Krispi Saus Keju Lumer Dimulut Yummy

kumpulan ide resep buka puasa

Manu buka puasa ini lebih modern dan kekinian, rasanya juga gurih krispy keluarga pasti gak bisa nolak kalo di kasih menu buka puasa modern ini.

Bahan:

  • 1 kg ayam potong
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1/4 sdt cabai merah bubuk
  • 1/2 sdt garam

Bumbu Cair:

  • 250 ml air es
  • 250 gram tepung terigu tinggi protein
  • 50 gram tepung maizena
  • 1/2 sdm susu skim bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt garam

Tepung Renyah:

  • 500 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung maizena
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt penyedap rasa kaldu ayam

Bahan Saus Keju:

  • 1 sdm margarine.
  • 1 sdm tepung terigu.
  • 250–300 ml susu cair.
  • 75–100 gr red/white cheddar parut.
  • sedikit garam.

Cara Memasak:

  1. Buat terlebih dahulu bumbu cair. Masukkan tepung maizena, tepung terigu, susu, baking powder, lada dan juga garam. Aduk sampai rata.
  2. Masukkan kuning telur sedikit demi sedikit dan tambahkan air sampai semuanya tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal.
  3. Simpan dalam lemari es.
  4. Campurkan semua bahan tepung renyah dan aduk sampai rata.
  5. Bumbui ayam potong dengan lada, garam, bawang putih dan cabai.
  6. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai bumbu meresap,
  7. Gulingkan ayam dalam tepung renyah sampai rata.
  8. Masukkan dalam bumbu cair.
  9. Gulingkan lagi ayam dalam tepung renyah.
  10. Panaskan minyak sampai benar-benar panas dan goreng ayam dalam banyak minyak dengan api sedang.
  11. Masak sampai ayam matang atau berwarna kecoklatan.
  12. Tiriskan.
  13. Buat sausnya. Panaskan wajan dan cairkan mentega. Tambahkan tepung terigu, masak hingga kental. Tuang sedikit demi sedikit susu. Tambahkan cheddar parut dan masak hingga semua meleleh & mengental.
  14. Sajikan ayam dengan siraman saus keju yang lezat.

 

 

4. Resep Buka Puasa Sop Buntut Sapi Gurih-Gurih Empuk

kumpulan ide resep buka puasa

Nah Kalo ini menu mekanan buka puasa istimewaa banget, sekali di sajikan pasti langsung ludes.

Bahan

  • 500 gram buntut sapi (potong sesuai selera, cuci bersih)
  • 2 buah kentang (potong dadu)
  • 2 buah wortel (iris bulat)
  • Bunga kol (secukupnya, potong sesuai selera)
  • 2 batang daun seledri
  • 2 batang daun bawang
  • 5 buah cabai rawit (iris serong)
  • 5 cm kayu manis
  • 3 cm lengkuas (memarkan)
  • 1 buah bawang bombay (iris tipis)
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • Bawang merah goreng (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya, untuk menumis)
  • Air

Bumbu Halus

  • 7 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri (sangrai)
  • 1/2 sdt merica
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu sapi bubuk (secukupnya)

Cara Membuat

  1. Rebus buntut sapi hingga empuk dan matang. Tiriskan dan sisihkan sebentar.
  2. Tumis bawang bombay hingga harum. Tambahkan bumbu halus.
  3. Masukkan air secukupnya dan biarkan hingga mendidih.
  4. Masukkan kentang, wortel, daun seledri, daun bawang, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas dan cabai rawit juga kayu manis.
  5. Masukkan buntut sapi yang telah direbus sebelumnya.
  6. Tambahkan bunga kol dan bawang merah goreng.
  7. Masak sop buntut hingga matang dan meresap.
  8. Sop buntut siap dijadikan menu berbuka puasa yang enak, gurih dan bikin nagih.

 

5. Resep Buka Puasa Kikil Cabe Ijo Pedesnya Bikin Nagih

kumpulan ide resep buka puasa

Menu makanan buka puasa ini enak juga loh. coba yuk

Bahan-Bahan

  • 500 gram kikil sapi
  • 100 gram cabai hijau, diiris serong
  • 100 gram kacang panjang, dipotong-potong
  • 8 butir bawang merah, dirajang tipi
  • 2 siung bawang putih, dicincang
  • 2 lembar daun salam
  • 5 cm lengkuas, digeprek
  • 1 batang serai, digeprek
  • 5 sdm minyak sayur
  • gula dan garam secukupnya
  • biji petai sesuai selera

Cara Membuat
1. Cuci bersih kikil, kerok lemak bagian dalam, rendam dengan air panas selama 5 menit, tiriskan, lalu potong dadu.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau.
3. Masukkan daun salam, lengkuas, dan serai. Tumis hingga harum.
4. Masukkan kikil, kacang panjang, dan petai. Beri air matang secukupnya.
5. Masak hingga daging kikil empuk dan air menyusut.
6. Tambahkan gula dan garam secukupnya.
7. Masak hingga bumbu meresap sempurna.

 

6. Resep Buka Puasa Tumis Buncis Daging Cincang Yang Super Enak

kumpulan ide resep buka puasa

Manu makanan buka puasa ini juga gak kalah enak simple irit dan sehat loh bunda. keluarga pasti suka deh langsung siapin yuk bahannya.

Bahan:

  • 200 gr buncis
  • 100 gr daging sapi cincang
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah keriting
  • Kecap manis secukupnya
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap ikan
  • Daun bawang, iris tipis
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Rebus baby buncis, lalu tambahkan garam. Rebus sebentar lalu tiriskan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Tumis hingga harum.
  3. Masukan daging giling dan masak hingga daging berubah warna.
  4. Tambahkan kecap manis, saus tiram dan kecap ikan lalu aduk hingga rata.
  5. Tambahkan garam dan merica bubuk. Cek rasa.
  6. Siram daging di atas baby buncis yang sudah ditiriskan tadi.
  7. Baby Buncis Daging Cincang siap disajikan.

Baca Juga : Kumpulan Resep Sahur Yang Simple Pasti Enak

7. Resep Buka Puasa Ayam Lada Hitam

kumpulan ide resep buka puasa

Nih bunda menu makanan buka puasa yang spesial banget. langsung coba yuk resep ayam lada hitam nya.

Bahan-bahan:

  • 1 kg daging dada ayam (bisa diganti ayam potong biasa)
  • secukupnya paprika hijau dan merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 1 siung bawang merah
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus lada hitam kemasan
  • 1/2 sdt lada hitam halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam, gula dan penyedap secukupnya
  • air secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong-potong daging ayam dan bumbui dengan garam dan merica. Jika menggunakan ayam potong, Rebus ayam hingga matang. Tiriskan ayam.
  2. Tumis bawang bombay, bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan ayam dan tumis sebentar hingga berubah warna. Masukkan kecap manis, saus lada hitam, lada hitam bubuk dan merica bubuk.
  3. Tuang air secukupnya. Masukkan garam, gula dan penyedap secukupnya. Masak hingga kuah berkurang dan kuah lada hitam mengental.

 

8. Resep Buka Puasa Kangkung Saus Tiram Yang Siap Dalam 10 Menit

kumpulan ide resep buka puasa

Ini nih menu buka puasa yang irit banget, tapi gak kalah enak sama menu buka puasa yang lainnya. langsung coba yuk bunda resep nya.

Bahan

  • 1 ikat kangkung (siangi, cuci bersih)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 5 siung bawang merah (cincang halus)
  • 4 siung bawang putih (cincang halus)
  • 4 buah cabai rawit (cincang halus)
  • Garam (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Gula pasir (secukupnya)
  • Saus tiram (secukupnya)

Cara Membuat

  1. Panaskan minyak di wajan lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Tumis pula cabai rawit lalu masukkan sayur kangkung.
  3. Tambahkan garam secukupnya, kaldu ayam dan gula. Aduk rata hingga bumbu meresap.
  4. Terakhir, masukkan saus tiram dan masak hingga sayur kangkung layu serta matang.
  5. Sajikan tumis kangkung sebagai menu buka puasa dan taburkan bawang goreng di atasnya agar rasanya makin lezat.

 

9. Resep Es Sekoteng

Kalo ini menu minuman takjil yang bikin seger bikinnya juga gampang banget yuk langsung siapin bahannya.

BAHAN :

  • Es batu, serut halus
  • 150 gram sagu mutiara warna merah, siap pakai
  • 2 buah kelapa muda, ambil airnya, keruk tipis daging buahnya
  • 2 buah (400 gram) avokad matang, ambil daging buahnya
  • 150 gram kolang-kaling, iris tipis memanjang, rebus
  • 100 ml susu kental manis putih
  • Air gula, rebus hingga kental:
  • 200 gram gula pasir
  • 300 ml air

CARA MEMBUAT ES SEKOTENG BUNGSU :

  1. Masukkan es serut dalam gelas saji.
  2. Tambahkan berturut-turut: sagu mutiara, daging kelapa muda, avokad/alpukat, kolang-kaling, air kelapa, sirop gula, dan susu kental manis.
  3. Sajikan segera.

 

 

10. Kolak Pisang

Bahan:

  • 10 buah pisang raja / pisang kepok (kupas dan potong serong)
  • 2 buah nangka
  • 350 gr ubi kuning
  • 150 ml Santan kelapa
  • 1 liter air putih
  • 6 sdm gula pasir
  • 6 sdm gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • Fanili 1/4 sendok teh
  • Santan siap saji
  • Garam secukupnya (agar rasanya gurih)

Cara Membuat:

  1. Rebus air bersama dengan ubi kuning, sampai ubi lunak.
  2. Masukan santan, gula pasir, gula merah, garam, fanili, dan daun pandan. Gunakan api kecil dan aduk perlahan.
  3. Masukan potongan pisang, tunggu sebentar
  4. Kolak pisang siap disajikan.

 

 

11. Ice Lychee Tea

BAHAN:
• 1 kantong teh celup
• 150 ml air panas
• 75 ml sirup leci
• 3 sdm simpel sirup
• 200 ml air es
• Es batu secukupnya
• 200 gram leci kalengan, tiriskan airnya

• Air perasan lemon secukupnya

CARA MEMBUAT LYCHEE TEA:
1. Celupkan teh ke dalam air panas, biarkan beberapa detik hingga teh larut, dinginkan.
2. Campur air teh, sirup leci, simpel sirup, air perasan lemon, air es dan es batu. Kocok hingga rata.
3. Letakkan leci ke dalam gelas lalu tuangi dengan teh leci.
4. Sajikan segera

 

Nah itu dia bunda, kumpulan resep buka puasa untuk keluarga.

Semoga resep ini bisa jadi ide untuk bunda ya, Jangan lupa di share ya supaya gak lupa.