Resep Mudah Pempek Tanpa Ikan Loh!, Gurih, Hemat, Murah

Posted on

Senang sekali rasanya bisa bikin pempek tanpa ikan ini. Kebetulan aku kurang suka bau anyir dari ikan, jadi agak sulit untuk mengolah pempek. Tapi akhirnya dicoba untuk buat pempek yang tanpa ikan. Dan voilaa.. Berhasil. Enak, empuk didalam, renyah di luar.

Yuk buat yang gak suka ikan, bisa dicoba buat ya Bund.

tokopedia,best car insurance,insurance companies, kumpulan resep masakan, bukalapak,shopee

resep pempek tanpa ikan

awalnya aku buat resep pempek tanpa ikan ini sih kebetulan waktu itu gak dapet ikannya di pasar jadinya aku eksperimen deh bikin empek-empek tanpa ikan.

dan ternyata hasilnya enak banget loh bunda, pempek nya gak berasa anyir ikan tapi tetep enak.

pempek tanpa ikan ini cocok banget buat yang gak suka ikan.

yuk langsung aja siapin bahan-bahannya

Bahan-bahan:

  1. Bahan Empek-empek
  • 200 gram Tepung Terigu Segitiga biru (protein sedang)
  • 300 gram Tepung Sagu
  • 300 ml Air
  • 2 butir Telur Ayam (di kocok lepas)
  • 3 sendok teh Garam
  • 3 siung Bawang Putih kating (di ulek halus)
  • 1 sendok teh Penyedap rasa (Royco)

2. Bahan Kuah

  • 2 liter Air
  • 10 biji Cabai rawit merah (sesuai selera)
  • 6 siung Bawang Putih Kating
  • 250 kg Gula merah/Aren yang hitam (diiris halus)
  • 250 gram Gula Pasir
  • 4 sendok makan Ebi
  • 100 gram Asam Jawa
  • secukupnya Garam

Cara membuat:

  1. Untuk Membuat Pempek :
    Masak Air hingga setengah mendidih masukkan bawang putih halus, garam, penyedap rasa dan di aduk setelah itu matikan kompor dan masukkan tepung terigu aduk rata dan cepat.
  2. Setelah adonan dingin masukkan telur dan di aduk rata.
    Setelah itu masukan tepung sagu sedikit demi sedikt hingga tercampur rata dan adonan siap di pulung/di cetak sesuai selera.
  3. Masak air hingga mendidih dan masukan adonan yang sudah di bentuk dan angkat ketika sudah mengambang dan pempek siap di goreng.
  4. Untuk Kuah : Ulek halus bawang putih, cabe, ebi dan garam. Didihkan air, setelah air mendidih masukan bumbu halus, gula merah/aren, asam jawa. cicipi rasa nya hingga sesuai dengan lidah dan saring supaya cuko yang dihasilkan bersih.
  5. Pempek siap disajikan.

 

Notes: sebagai pelengkap, bisa ditambahkan mentimun dan mie ya Bund.

jangan lupa di share ya bunda resepnya supaya gak lupa