RESEP PISANG BOLEN KARTIKA SARI: OLEH-OLEH HITS KHAS KOTA BANDUNG

Posted on

Siapa sih yang gak tau oleh-oleh khas Kota Bandung yang satu ini? Pisang Bolen Kartika Sari yang udah hits banget dari tahun 90an ini rasanya gak berubah sama sekali sampai sekarang. Perpaduan manis dan gurih dari pisang, coklat, dan keju nya yang lumer di mulut bikin pisang bolen ini gak pernah bikin bosen dan gak ada tandingannya.

Tapi untuk yang ada di luar Kota Bandung emang pasti agak kesulitan buat dapetin pisang bolen ini. Biarpun sebetulnya bisa dikirim via kargo, tapi dengan resiko hancur, benyek, dan basi dijalan.

tokopedia,best car insurance,insurance companies, kumpulan resep masakan, bukalapak,shopee

Sewaktu belum menetap di Kota Bandung, aku juga ngalamin hal yang sama kok. Sampai akhirnya aku coba-coba buat Pisang Bolen Ala Kartika Sari yang bener-bener sama banget rasanya. Jadi, biarpun diluar Kota Bandung, tetep bisa menikmati pisang bolen hits itu. Hihihi.

Yuk Bund dicoba buat di rumah. Jangan lupa di share juga ya. Biar Bunda-bunda lain juga bisa buat.

  1. BAHAN A :

  2. 100 gram Tepung terigu protein tinggi
  3. 1 sdm Minyak Goreng
  4. 75 gram Margarin
  5. BAHAN B :

  6. 200 gram Tepung terigu protein tinggi
  7. 30 gram Gula tepung
  8. 80 ml Air
  9. 75 gram Margarin

  10. BAHAN OLESAN :

  11. 1 butir Kuning telur
  12. 2 sdm Susu cair
  13. BAHAN ISI :

  14. Pisang raja/pisang kepok tidak perlu dikukus atau direbus, potong kotak
  15. Keju potong kotak
  16. Coklat batang potong kotak
  17. CARA MEMBUAT:

  18. 1. Ambil sepotong pisang. Isi dengan keju dan coklat. Tutup lagi dengan pisang. Sisihkan.
  19. 2. Aduk rata Bahan A. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  20. 3. Aduk Bahan B menjadi setengah elastis. Diamkan 15 menit.
  21. 4. Bagi adonan A dan B masing-masing menjadi 16 bagian. Bulatkan.
  22. 5. Giling adonan B memanjang. Kemudian letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop.
  23. 6. Giling tipis adonan tadi secara memanjang, gulung, kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan langkah ini hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
  24. 7. Giling adonan bolen melebar, letakkan pisang di tengah. Bungkus dengan kulit. Rapikan.
  25. 8. Atur adonan yang sudah jadi di atas loyang loyang. Oles bagian atasnya dengan bahan olesan. , Oven 25 menit suhu 180 derajat celcius.
  26. 9. Keluarkan dari oven. Oles lagi. Oven 5 menit atau sampai kulitnya berwarna kuning keemasan.
  27. 10. Pisan Bolen Ala Kartika Sari siap dihidangkan.